Oleh Ezil Dilihat : 42 24 Juni 2020

Tips Menjadi Petani Sukses di Bidang Sayur Mayur

wikitapad_panduan_menjadi_petani_sukses.jpgMeraih kesuksesan bisa dilakukan oleh siapa saja apapun profesinya. Apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, pekerjaan apapun bisa diraih kesuksesannya. Salah satunya adalah menjadi petani di bidang sayur-mayur.
Banyak orang yang menyepelekan bahwa usaha di bidang sayur mayor tidak akan membuahkan hasil yang efektif. Hal itu menjadi minder masyarakat karena sebagai petani sayur terlihat seperti tidak menghasilkan. Hal itu menjadi kesalahan yang besar, banyak orang yang sudah membuktikan kesuksesannya setelah menjadi petani sukses di bidang sayur mayur.
Untuk mencapai kesuksesan, tentu ada beberapa tips yang harus anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya bisa menjadi petani sukses di bidang sayur mayur!

Tips menjadi petani sukses dibidang sayur mayur

Alasan Memilih Menjadi Petani Sayur Mayur

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menentukan tujuan mengapa anda memilih menjadi petani di bidang sayur mayur. Jika anda melihatnya, banyak dari mereka yang lebih memilih bekerja di suatu perusahaan dibandingkan dengan pekerjaan yang satu ini. Pastinya ada tujuan tersendiri mengapa anda lebih memilih menjadi petani sayur mayur.
Melihat jaman sekarang, kebanyakan orang lebih mengutamakan gengsinya. Padahal uang dapat dicari dimanapun yang penting halal dan mampu mengusahakannya. Melihat di jaman sekarang banyak yang terjun ke suatu perusahaan, di bidang pertanian tentu memiliki minat yang sedikit. Ini akan menjadi kesempatan anda untuk lebih fokus di bidang pertanian sayur mayur.

Mulai dari langkah Kecil

Apabila anda sudah tahu mengapa memilih menjadi petani sayur mayur, langkah selanjutnya adalah memulainya. Setiap usaha pastinya dimulai dari 0 atau titik terendah. Disini anda bisa mengenali terlebih dahulu seputar sayur mayur. Setelah itu, anda bisa menjualnya sedikit-demi sedikit untuk menghasilkan uang.
Hampir semua orang yang sukses dimulai dari hal yang paling kecil terlebih dahulu. Disini akan menghadapi banyak hal, jika anda mampu melewatinya, maka kesempatan untuk menjadi petani sukses semakin besar.

Melakukan Riset

Jika anda sudah memulainya, anda bisa melakukan riset mengenai berbagai macam sayuran yang akan anda manfaatkan sebagai usaha. Ada banyak sekali jenis sayuran yang dijual di kalangan masyarakat. Berbagai macam jenis sayur yang ada di dalamnya perlu anda pahami secara detail mulai dari harga, fungsinya, dan berbagai macam faktor lain.

Meriset sayuran yang akan dijadikan peluang usaha sangatlah penting. Banyak dari mereka yang memulai bisnis ini secara asal-asalan tanpa melakukan riset sekalipun. Hal seperti ini tentu tidak akan mengalami perkembangan pada bisnis sayur mayur yang anda jalankan.

Fokus

Ketika anda sudah memilih untuk terjun di bidang sayur mayur, anda bisa lebih fokus pada usaha yang sudah ditentukan. Banyak orang yang melakukan kesalahan akibat tidak fokus dalam menjalankan bisnisnya.
Dalam menjalankan sebuah bisnis pastinya ada resiko yang bisa anda dapatkan, salah satunya adalah cobaan lain untuk menjajal hal yang baru. Bila anda terpengaruh, maka anda tidak akan bisa sukses karena tidak fokus terhadap bisnis di bidang sayu mayur. Sebaiknya anda tetap menjalankan bisnis di bidang sayur mayur untuk terus mengembangkannya sampai ke puncak maksimal.

Perbanyak Cabang

Kesuksesan akan semakin besar bilamana anda mengembangkan usaha yang anda jalankan. Begitu juga dengan bisnis di bidang sayur mayur, anda jangan mengandalkan satu tempat saja untuk meraup keuntungan yang maksimal. Buatlah cabang sebanyak mungkin agar pendapatan bisa dihasilkan lebih banyak.
Seperti halnya anda membuka sebuah usaha pada umumnya, ketika anda berada di satu tempat saja, maka pelanggan yang datang kemungkinan dari tempat tersebut. Namun jika anda membuka cabang kembali, maka pendapatan yang dihasilkan bukan dari satu tempat saja. Dari tempat lainnya juga bisa mendapatkan penghasilan.
Hal ini bisa anda terapkan pada usaha di bidan sayur mayur. Buatlah tanaman sayur mayur di beberapa daerah. Ketika sudah mulai panen, anda bisa mendapatkan banyak hasil dari daerah yang berbeda. Terkadang setiap daerah belum tentu memberikan hasil yang maksimal, akan lebih efektif jika anda mengandalkan tempat lain juga. Cara yang satu ini bisa anda lakukan apabila hal kecil sudah dilakukan. Bila keuntungan dari cabang pertama sudah memungkinkan, anda bisa membuka cabang kembali.

Itulah beberapa tips usaha di bidang sayur mayur yang dapat anda terapkan supaya bisa sukses menjalaninya. Ada banyak halangan untuk meraih sebuah kesuksesan, anda harus bisa menghadapi semua itu.

Bagikan!!! Tulisan ini jika bermanfaat share artikel ke facebook share artikel ke twitter share artikel ke pinterest share artikel ke linkedin
    Belum ada komentar untuk artikel iniJadilah yang pertama mengomentari artikel ini
Pendidikan & Tutorial

Pendidikan & Tutorial

Ekonomi

Artikel Pendidikan & Tutorial
Portal Berita
  1. Kesempatan Tepat Merasakan Kehebatan realme X3 Berkinerja Flagship - SINDOnews.com
  2. Annisa Pohan Pamer Foto Bareng Lee Min Ho, Ini Komentar Ashanty! - Kompas TV
  3. Pecahkan Rekor, Dua Wanita Ini Keliling Dunia Pakai Sepeda - Liputan6.com
  4. Realme C15 Dibekali Baterai Raksasa 6000mAh - Republika Online
  5. Janji ke Dokter Lantaran Curiga Tengah Hamil, Niat Nagita Slavina Pupus Hingga Telfon Nangis-Nangis ke Raff... - Sosok
  6. AMD Meluncurkan Prosesor Desktop Ryzen 4000 dengan Radeon Graphics - Selular.ID
  7. Hindari Kerugian, Pertamina Batalkan Kerja Sama dengan Aramco - CNN Indonesia
  8. Rahmad Darmawan Ungkap Faktor Penyebab Kekalahan Madura United dari Bali United - Bolasport.com
  9. Virus Corona Picu Modal Asing Kabur dari RI - CNN Indonesia
  10. 7 ODGJ Dinyatakan Positif Terinfeksi Covid-19 di RSJ Menur Surabaya - Kompas.com - KOMPAS.com
  11. Lawan Zoom, Google Meet Segera Terintegrasi dengan Gmail - Suara.com
  12. Werner Datang, Skuad Muda Chelsea Bakal Makin Ngeri - detikSport
  13. BNI Bakal Rilis MTN hingga Rp 30 T di Bursa Singapura - CNBC Indonesia
  14. Kemarin, Infinix Note 7 di Indonesia lalu sejarah di "Kadet 1947" - ANTARA
  15. Sudah Serahkan Jiwa Raga dan Menahan Malu Gegara Video Syurnya Bareng Ariel Noah Mencuat, Luna Maya Akui di... - Grid.ID
  16. Tinggal Tunggu Waktu, Glory i-Auto Sudah Bisa Dipesan - Kompas.com - Otomotif Kompas.com
  17. Rhoma Irama Akhirnya Hadiri Acara Sunatan di Bogor - kumparan.com - kumparan.com
  18. Harus Naik ke Lantai 3 dalam Kondisi Hamil, Asmirandah Digendong Suami - Kompas.com - KOMPAS.com
  19. 'Willian Kayaknya Nggak Mau ke Arsenal' - detikSport
  20. Berllian Marsheilla Ternyata Ada Ikatan Saudara dengan Markis Kido - Bolasport.com