Oleh Ezil Dilihat : 142 11 Desember 2019

Langkah-langkah melindungi PC atau komputer dari serangan virus

PC serta laptop merupakan sebuah alat yang mampu membantu pekerjaan manusia baik itu seseorang pekerja kantoran ataupun pelajar, nah PC bakal sangat optimal dalam kinerjanya kalau kita kerap menjaga serta merawatnya dengan betul. dengan begitu kita bakal mendapatkan kenyamanan dalam mengoperasikan sebuah komputer ataupun laptop.

namun sayangnya menjadi masalah ketika sebuah virus merusak laptop serta komputer yang kamu miliki, virus sendiri adalah kumpulan kode yang dibuat dengan tujuan merusak perangkat, virus juga mampu memformat alias menghapus data serta mencuri data dari laptop yang terjangkit virus. ada banyak tipe yang bisa merusak PC , kebanyakan dari virus tersebut sama berbahayanya serta bahkan ada virus yang dengan kencang melumpuhkan sebuah PC yang terserang.

dampak beda dari virus bakal merusak performa yang bakal mencatat perangkat komputer menjadi lambat, alias bahkan beberapa fungsi serta fitur yang ada bakal tak dapat dipakai. beberapa tipe virus worm, trojan, spyware serta sebagainya yang kamu mesti waspadai keberadaanya.

yang lebih bahaya dari virus yakni mampu menggandakan dirinya supaya potensi kerusakan cukup besar, ini bakal berdampak pada media penyimpanan yang bila telah terserang maka bakal penuh dengan virus, bahkan bisa mejnangkit program aplikasi lainya yang tentu sulit untuk dideteksi. lantas gimana langkah-langkah melindungi PC atau komputer dari serangan virus ganas? nah berikut ialah penjelasan mengenai pertanyaan tersebut.

Langkah-langkah melindungi komputer atau PC dari serangan virus ganas
untuk mengatasi PC yang terjangkit virus maka dirimu musti melindungi pc dari virus, ini adalah suatu hal yang musti kita lakukan. dengan begitu perangkat komputer dan laptop mampu terlindungi dengan maksimal, adapun langkah-langkah melindungi komputer atau PC dari serangan virus ganas adalah sebagai berikut

1. pasang antivirus

wikitapad_cara_melindungi_komputer_dari_virus.jpg

pastikan dirimu benar-benar terlindungi dari virus, kamu bisa bisa antivirus pada PC alias komputer kamu, antivirus sendiri bekerja untuk mengatasi virus dengan menghapusnya dari laptop kamu. pastikan kamu memilih antivirus yang telah terbukti kehandalanya serta pastikan juga antivirus tersebut antivirus yang terpercaya. antivirus juga bisa menyebarkan virus jikalau antivirus tersebut ialah antivirus yang bajakan atau antivirus gak terpercaya.

oleh karena itu pastikan pilih antivirus yang benar-benar melindugi serta bisa dipercaya, banyak antivirus yang mempunyai kualitas bagus. misalnya antivirus 360 security serta antivirus avira, selain itu antivirus tersebut cuma-cuma dengan performa yang pro. tapi bila kamu kepingin membeli antivirus yang berbayar maka kamu bisa memilih antivirus berbayar kayak avg internet security serta sebagainya.

pastikan juga kamu kerap update antivirus biar bisa memperbarui penghapusan virus, serta kemudian bisa mengatasi virus dengan ampuh. lalu untuk mengatasi virus di laptop maka kamu mesti scan semua komputer kamu untuk di analisa, jikalau ada virus maka hapus saja. lakukan scan laptop alias PC dengan rutin biar bisa terlindungi dengan baik tiap waktu.

2. waspadai surat eltektronik / email

wikitapad_cara_berlindung_dari_virus_komputer.jpg

pada poin ke dua kamu mesti mewaspadai kiriman email ke akun email kamu, pastikan kamu jangan sesekali membuka berkas attachment dengan lampiran ekstensi exe, scr, vbs atau berkas lainya kayak txt. tetapi apabila kamu rasa data itu penting maka alangkah baik discan dahulu memakai antivirus. langkah-langkahnya kamu unduh data tersebut kemudian jangan dibuka dahulu, lalu cek folder dimana data tersebut di unduh serta scan memakai antivirus. jikalau gak terdeteksi sebagai virus maka kamu bisa menjalankanya, tetapi senantiasa perlu berhati-hati ya.

pastikan jangan buka attachment email dari orang yang enggak dikenal, karna memungkinkan berkas tersebut sebuah virus berbahaya, biasanya email tersebut ada di email spam/sampah( penjualan produk, promo, serta lain-lain) maka apabila kamu rasa gak penting maka jangan dibuka.

3. hati-hati ketika waspada flashdisk serta cd/dvd

wikitapad_langkah_langkah_melindungi_komputer_dari_virus.jpg

selalu waspadai ketika kamu memasukan flashdisk serta cd ke laptop alias PC kamu, pastikan kamu telah terinstall dengan aplikasi antivirus yang telah mendukung scan flashdisk alias penyimpanan external. pasalnya memungkinkan berkas pada flashdisk terkena virus serta jikalau dipasang pada PC lain maka memungkinkan laptop lain turut terjangkit virus. oleh karna itu untuk mengatasinya kamu musti mewaspadai ketika mencolokan flashdisk pada PC .


4. jauhi perangkat lunak abal-abal

tidak menutup kemungkinan apabila perangkat lunak bisa menjadi sarang penyebaran virus, tahukah kamu bahwa perangkat lunak abal-abal juga mampu menyebarkan virus. tetapi ada juga yang enggak terlalu berbahaya, sehingga kamu terlindungi pastikan kamu membeli perangkat lunak yang original alias asli serta apabila itu perangkat lunak berbayar maka kamu bisa membelinya ke penjualnya secara langsung.

5. waspadai pop-up berbahaya

sudah kita ketahui bahwa media penyebaran virus terbesar ialah dengan memanfaatkan akses internet, maka kamu mesti hati-hati dengan popup iklan yang muncul mendadak, jangan gampang tergiur dengan popup iklan tersebut. biasanya popup iklan berisi tawaran menarik yang ada disuatu halaman, maka kamu bisa langsung menutupnya sebab itu kemungkinan ada program berbahaya.

6. jangan unduh berkas sembarangan

kebanyakan dari kita yang suka main unduh data di internet sering lupa dengan virus yang ada dimana-mana, pastikan kamu mendownload berkas yang terpercaya serta pastikan juga untuk kerap hati-hati dengan program yang ada. sebelum menjalankan program yang telah di unduh tadi, maka kamu scan dahulu dengan memakai antivirus yang handal.

demikian langkah-langkah untuk melindungi komputer atau PC kita dari serangan virus ganas, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua

Bagikan!!! Tulisan ini jika bermanfaat share artikel ke facebook share artikel ke twitter share artikel ke pinterest share artikel ke linkedin
    Belum ada komentar untuk artikel iniJadilah yang pertama mengomentari artikel ini
Pendidikan & Tutorial

Pendidikan & Tutorial

Tips & Trik

# virus # antivirus
Artikel Tips & Trik
Portal Berita
  1. 5 Fakta Menarik Man City Vs Burnley, Ederson "Nganggur" Lagi - Kompas.com - KOMPAS.com
  2. Van Persie ke MU: Gaet Cavani di Musim Panas - detikSport
  3. Pernah Alami Kegagalan Dalam Berumah Tangga, Adinda Bakrie Saudara Ipar Nia Ramadhani Menikah untuk Kedua K... - Grid Pop
  4. Kekayaan Pria Ini Bertambah Rp 375 T saat Corona Merajalela - Detikcom
  5. Via Vallen Menangis, Kisahkan Depresi dan Hujatan Netizen - Kompas.com - KOMPAS.com
  6. Kalah dari Norwich, Tottenham Cuma Latihan Main Tanpa Penonton - detikSport
  7. Cara Aman Bersih-bersih Rumah dengan Disinfektan untuk Usir Virus Corona COVID-19 - Liputan6.com
  8. Teleskop Hubble Temukan Galaksi Spiral Unik - Republika Online
  9. Seorang Balita di Kota Magelang Terjangkit Virus Corona - Kompas.com - KOMPAS.com
  10. Riset: Pria Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19 Ketimbang Wanita - CNBC Indonesia
  11. Imunisasi Tertunda Akibat Pandemi, Ini Saran IDAI - Kompas.com - Nasional Kompas.com
  12. Bandara Soekarno-Hatta Masih Tunggu Aturan Resmi Terkait Dibukanya Kembali Transportasi Udara - Kompas TV
  13. Corona Sudah Merebak di DIY, PSIM Yogyakarta Turut Liburkan Tim - Bolasport.com
  14. Ini Talk Show Pamit Lagi, Ini 4 Faktanya - Kompas.com - KOMPAS.com
  15. Kalau Ilicic Pemain Juventus, Pasti Sudah Jadi Omongan Seluruh Dunia - detikSport
  16. Makanan Langka, Dinosaurus Ternyata Pilih Jadi Hewan Kanibal, Temuan Studi Baru - Pikiran Rakyat
  17. Asosiasi Olimpiade Inggris Dukung Keputusan IOC terkait Olimpiade Tokyo 2020 - Kompas.com - KOMPAS.com
  18. Pria Ini Lahap Menyantap Burger McDonald's yang Dikubur Selama Setahun - Kompas.com - KOMPAS.com
  19. Trik Sesuaikan Isi Dompet Hadapi New Normal Saat Corona - CNN Indonesia
  20. Peneliti Kembangkan Kloning Antibodi yang Diklaim Dapat Sembuhkan Pasien Covid-19 - Pikiran Rakyat